Wednesday, 05 Oct 2022
  • Selamat Datang di Website SMK Negeri 12 Bandung

Electrical Avionics

Electrical Avionics

 Jurusan Pendidikan di bidang Pemeliharaan dan perbaikan Instrumen Electronika Pesawat Udara

Electrical Avionics berarti peralatan elektronik penerbangan yang mencakup seluruh sistem elektronik yang dirancang untuk digunakan di pesawat terbang. Sistem utamanya meliputi:

  1. Sistem komunikasi,
  2. Sistem Navigasi dan indikator
  3. Manajemen dari keseluruhan sistem

Electrical Avionics juga mencakup ratusan sistem yang berada di pesawat terbang dari yang paling sederhana seperti lampu pencari pada helikopter sampai sistem yang kompleks seperti sistem taktikal pada pesawat peringatan dini

Electrical Avionics bermula pada 1970-an. Sebelumnya, instrumen-instrumen pada pesawat terbang seperti radio, radar, sistem bahan bakar dan navigasi masih menggunakan sistem mekanis. Electrical Avionics berkembang sejalan dengan berkembangnya teknologi elektronik. Electrical Avionics dimulai dengan perkembangan teknologi analog, dan terus di perluas dengan teknologi digital. 

Sejalan dengan makin berkembangnya dunia penerbangan, Electrical Avionics makin memperluas cakupannya ke bidang lain seperti pengendalian mesin pesawat, pengendalian kontrol penerbangan, situational awareness dan berbagai peralatan pembantu seperti peralatan pengendalian roda pendarat, pengendalian temperatur dan tekanan udara di kabin dan pengendalian noise/kebisingan di dalam pesawat.

Pada dekade 2000-2010-an, Electrical Avionics telah dikembangkan dengan menggunakan sistem komputer modular [IMA] Integrated Modular Avionics dan sistem ethernet AFDX yang serupa dengan sistem Internet komersial.

KELUAR