Tuesday, 16 Aug 2022
  • Selamat Datang di Website SMK Negeri 12 Bandung

Manfaat Melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh saat Pandemi Covid-19

Manfaat Melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh saat Pandemi Covid-19

Sejak tahun 2020, dunia digemparkan dengan adanya wabah virus Covid-19 yang berdampak pada dunia pendidikan sehingga mengharuskan guru dan siswa untuk melakukan pembelajaran dari rumah. Pembelajaran dari rumah ini dilakukan secara daring dengan memanfaatkan jaringan internet. Di Indonesia, metode pembelajaran dari rumah ini disebut dengan PJJ, yaitu pembelajaran jarak jauh.

Perubahan metode pembelajaran menjadi daring ini tentu membutuhkan banyak persiapan mulai dari materi pembelajaran hingga gadget yang akan digunakan selama PJJ. Tidak dapat dipungkiri, PJJ ini menimbulkan banyak kendala baru.

Namun demikian, ternyata PJJ ini ada manfaatnya juga lhoo.

  1. Belajar mengeksplorasi berbagai macam fungsi dan alat bantu pembelajaran berbasis teknologi

  2. Aman dari bahaya virus Covid-19. Melakukan seluruh kegiatan di rumah tentu akan membantu memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 karena mengurangi interaksi dengan banyak orang. Kita tidak pernah tahu bahwa mungkin saja orang yang terlihat baik-baik saja ternyata dia menderita Covid-19.

  3. Pelajaran bisa dilakukan kapan saja dengan persetujuan dari kedua belah pihak di awal masa pembelajaran. Menentukan deadline tugas, mengajar para siswa, maupun mengadakan diskusi dengan rekan sesama guru akan lebih mudah disesuaikan dengan jadwal kamu.

  4. Materi dapat diakses pelajar di mana pun dan kapan pun. Manfaat dari penggunaan jaringan internet ini dapat diakses berdasarkan kebutuhan kamu. Ditambah dengan beragam gadget yang kamu miliki.

  5. Pembelajaran atau membaca materi sambil melakukan kegiatan santai, seperti mendengarkan musik, tiduran, makan, dan sebagainya. Tapi ingat yaa, meskipun santai tapi kamu harus tetap melaksanakan agenda pembelajaran kamu.

Meskipun ada kendala dari PJJ, tentu ada manfaatnya juga untuk para pendidik maupun peserta didik. Dengan dilaksanakannya PJJ, para pendidik dituntut melakukan perubahan, terus berinovasi, dan meningkatkan kreativitas agar para peserta didik tidak merasa bosan saat belajar.

penulis
SMK Negeri 12 Bandung

Tulisan Lainnya

Pendidikan dan Perubahan
Oleh : SMK Negeri 12 Bandung

Pendidikan dan Perubahan

Cara Menghemat Kuota Internet
Oleh : SMK Negeri 12 Bandung

Cara Menghemat Kuota Internet

0 Komentar

KELUAR